11/09/23

Teknologi ini menggantikan Wifi

Teknologi ini menggantikan Wifi, Lifi Masa Depan Wifi Jika Anda tidak tahu, LiFi adalah teknologi nirkabel berkecepatan tinggi dan jaringan penuh yang sedang dikembangkan. Jika sukses, WiFi bisa menjadi masa lalu. Empat huruf itu singkatan dari Light Fidelity, dan teknologinya sendiri adalah sistem komunikasi cahaya tampak (VLC) yang diklaim 100 kali lebih cepat dari WiFi. Sebagian besar penggemar teknologi nirkabel menyebutnya sebagai alternatif super cepat.

LiFi adalah sistem komunikasi dua arah yang menggunakan bola lampu LED biasa untuk memfasilitasi transfer data. Diciptakan oleh Profesor Harald Haas, sistem ini menggunakan bola lampu sebagai router nirkabel dan dapat memiliki kecepatan hingga 224 Gbps. Selain menggunakan cahaya tampak, teknologi tersebut dapat bekerja dengan inframerah atau ultraviolet dekat. Karena cahaya tidak dapat menembus dinding, jaringan nirkabel akan memungkinkan keamanan yang lebih besar dan menghilangkan masalah interferensi antar perangkat. Teknologi ini juga diharapkan dapat menghilangkan batasan bandwidth WiFi dan jaringan seluler.

Bagaimana Cara Kerja LiFi?

teknologi ini menggunakan cahaya tampak untuk mengirimkan data, yang merupakan prinsip yang cukup sederhana. Agar berfungsi, harus ada bohlam LiFi yang dilengkapi dengan unit pemrosesan (dan berfungsi seperti router) dan perangkat yang dilengkapi dengan fotodioda yang dapat menerima sinyal cahaya. Unit pemrosesan adalah untuk mengubah data menjadi konten yang dapat dialirkan.

Perubahan intensitas cahaya dan modulasi sinyal cahaya memudahkan proses konversi. Intensitas cahaya meliputi pencelupan dan peredupan cahaya. Modulasi sinyal cahaya tidak dapat dilihat oleh mata manusia, tetapi melibatkan gerakan sinyal naik dan turun. Sinyal listrik kemudian diubah menjadi aliran data biner (internet LiFi) yang terdiri dari web, audio, video, dan informasi aplikasi. Data ini dapat diakses dengan bantuan perangkat yang mendukung internet.

LiFi tidak serta merta datang untuk menggantikan WiFi tetapi untuk melengkapinya dan menawarkan lebih banyak keuntungan dalam hal akses internet. Teknologi VLC akan diadopsi oleh mereka yang membutuhkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan jaringan yang lebih aman. Teknologi ini mengkonsumsi lebih sedikit daya, sehingga mereka yang perlu menghemat energi juga akan menggunakannya. Jika teknologi terserap dengan baik, bisnis pasti akan mendapat banyak manfaat darinya.

Informasi akan diperoleh dan dibagikan dalam waktu yang sangat singkat, meningkatkan efisiensi menjalankan bisnis. Karena sifat jaringan yang aman, lebih banyak bisnis akan bersedia menggunakannya.